Soal Penentuan Sekda, Dua Wakil Pimpinan DPRD Mamasa Bilang Begini

0
0 views

Mamasa, Katinting.com – Tiga besar Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mamasa telah diumumkan Bupati, Ramlan Badawi beberapa waktu lalu.

Pengumuman itu setelah Panitia Seleksi (Pansel) yang ketua Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris menyerahkan hasil seleksi kepada Bupati Mamasa, pada Jumat (4/2/22) Minggu lalu.

Tahapan proses seleksi Sekda Mamasa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada di Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Hasil dari Pansel, tiga besar Calon Sekda Mamasa berdasarkan peringkat yakni Muh. Syukur dengan nilai 82, Drs. Kain Lorong Sembe dengan nilai 81 dan Hermin, SH nilai 78.

“Saya secara pribadi (karena) sudah ada hasil dengan nilai masing-masing dengan tiga besar, saya kira tidak ada jalan lain selalu memilih yang terbaik yang tentu yang tertinggi nilainya,” kata David Bambalayuk saat dihubungi Katinting.com, Jumat (11/2/22).

Apalagi katanya, Pansel Sekda Mamasa ini adalah orang-orang yang kapabel dan dipercaya serta melalui prosedur yang benar untuk menilai siapa yang layak menjadi Sekda Mamasa. Olehnya, sebagai warga negara yang baik, harus menjunjung tinggi proses yang telah berjalan.

David Bambalayuk juga meminta masyarakat untuk tidak berfikir negatif dalam proses seleksi Sekda ini karena menurutnya, sudah melalui proses yang benar dan ketentuan yang berlaku. Dia menambahkan, nilai tertinggi harus menjadi acuan Bupati dalam memilih Sekda. Selain itu juga ada pertimbangan loyalitas.

“Saya pribadi juga selaku Wakil Ketua (DPRD Mamasa) sangat mendukung hasil Pansel karena itu dilakukan secara profesional maka Bupati wajib hukumnya memilih dengan nilai tertinggi tentu loyalitas yang baik terhadap atasan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Mamasa, Juan Gayang Pongtiku mengatakan tiga calon Sekda Mamasa adalah putra-putra terbaik di Bumi Kondosapata. Olehnya itu siapapun yang dipilih Bupati, Maka itulah yang terbaik dan harus didukung.

“Intinya kita mendukung penuh keputusan bupati. Sehingga siapapun yang menjadi sekda itulah yang terbaik untuk Mamasa,” kata Juan Gayang saat dihubungi Katinting.com, Jumat (11/2/22).

Satu dari tiga nama calon Sekda Mamasa adalah keluarga dekat Bupati Mamasa. Juan Gayang tak mempermasalahkan hal tersebut. Karena menurutnya proses seleksi Sekda ini telah berjalan sesuai ketentuan yang ada.

“Jadi apapun hasilnya, itu kita serahkan sepenuhnya kepada Bupati siapa yang dia pilih jadi Sekda. Harus kita dukung. Inikan jabatan profesional. Meskipun (salah satu calon Sekda) keluarga Bupati tapi kan bersyarat secara aturan,” tutupnya.

zul/rfa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here