Resmikan Program, Rektor UMI Tekankan Pentingnya Gerakan Kemakmuran Masjid

0
1 views

MAKASSAR, DIKITA.id – Rektor UMI Prof Dr H Basri Modding SE MSi meresmikan “Program Kemakmuran Masjid” UPT Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI dengan menandatangani Piagam Peresmian, Jumat (28/1/2022).

Bertempat di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI, peresmian disaksikan Wakil Rektor IV UMI Dr KH M Zain Irwanto MA, Wakil Rektor V Prof Dr Ir M Hattah Fattah MS, Ketua UPT PKD UMI Dr HM Ishaq Shamad MA dan Ketua MT Ukhuwah UMI Dr Hj Amirah Kallabe SE MM. Hadir pula para wakil dekan IV dalam lingkup UMI, para Kabid UPT PKD UMI dan sejumlah mahasiswa tahfizh/tahfizah UMI.

Dalam sambutannya, Rektor UMI Prof Basri Modding menyampaikan pentingnya Gerakan Kemakmuran Masjid, “Sebab masjid adalah tempat terbaik di dunia, dan rumah Allah yang paling mulia,” katanya. Dikatakannya, masjid diberi kekhususan, misalnya salat jamaah di masjid, pahalanya 27 derajat dibanding salat di rumah, setiap langkah umat ke masjid ada pahalanya.

“Oleh karena itu, masjid sebagai tempat ibadah, tempat kajian majelis ilmu serta mendapatkan nilai pahala 27 derajat. Allah berfirman “innamaa Ya’muru massajidallaahi…, sesungguhnya memakmurkan masjid adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan kepada hari akhir dan tidak takut kepada siapapun, kecuali Allah,” terangnya.

Allah mencatat pahala salat, zikir, dan kajian ilmu yang baik. “Setiap saat kita selalu berdoa dan mari jadikan UMI sebagai institusi yang membanggakan,” ajaknya. Menurut Prof Basri Modding, ciri UMI dengan karakter dan sekaligus dakwah, misalnya mengucapkan salam saat ketemu, hal ini termasuk dakwah dan doa serta mendapatkan berkah.

“Semoga selamat, dapat rahmat dan berkah. Hal ini yang perlu disosialisasikan. Sekali lagi marilah menjaga nama baik almamater UMI. Jika ada yang kurang baik, agar disampaikan kepada yang berhak menerimanya, karena UMI adalah tempat mengabdi kepada Allah Swt,” kuncinya.

Selanjutnya Kepala UPT PKD Dr M Ishaq Samad menyampaikan laporan singkat tentang Program Kemakmuran Masjid melalui sosialisasi di setiap Fakultas/PPs dan unit dalam lingkup UMI, telah dimulai di Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Hukum UMI minggu lalu. “Insyaa Allah minggu depan secara terjadwal setiap Senin dan Rabu di sejumlah fakultas dan unit lainnya dalam lingkup UMI,” ungkapnya.

Selanjutnya setiap Jumat akhir bulan dilaksanakan salat dhuha, zikir dan doa untuk kemakmuran Masjid. Kemudian Satgas Kemakmuran Masjid setiap hari Senin sampai Jumat akan mendatangi unit dan fakultas untuk mengingatkan salat jamaah di masjid dan musala. Bahkan Satgas Kebersihan tempat wudhu dan toilet masjid akan dikunjungi oleh Satgas kemakmuran masjid.

Selain itu, juga dicanangkan program membangun Istana di surga dan program wakaf Alquran. “Untuk menyalurkan sumbangan wakaf dan membangun istana di surga melalui nomor rek 5553001007 Bank Syariah Indonesia a.n. Masjid Umar Bin Khattab,” jelasnya. Secara spontan Rektor UMI langsung mentrasfer Rp10 juta untuk membangun istana di surga. “Alhamdulillah, aamien YRA,” ucapnya.

Hari ini juga dilakukan pelantikan pengurus Majelis Taklim UPT PKD UMI yang diketuai oleh Nurdalia Ishaq dan dilantik oleh Ketua MT Ukhuwah UMI Dr Hj Amirah Kallabe Basri MM. “Selanjutnya juga akan dilaksanakan pelatihan pemimpin zikir dan wirid,” sebutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here