Puluhan Mahasiswa Sastra Inggris UMI Praktek Lapang di Toraja

0
0 views

MAKASSAR, DIKITA.id – Kuliah praktek lapang English For Guide Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Sastra (FS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) digelar di Tana Toraja dan Toraja Utara selama tiga hari sejak 3 hingga 5 Desember 2021.

Kegiatan pengenalan untuk mempersiapakan mahasiswa Sastra Inggris UMI dalam menjalankan agenda pengelolaan objek pariwisata, khususnya menjadi pramuwisata/guide ini diikuti sebanyak 60 mahasiswa semester 5.

Ketua panitia pelaksana, Sada Tita Handayani mengungkapkan, rombongan mereka mengunjungi sejumlah titik yang merupakan lokasi kunjungan favorit wisatawan lokal dan mancanegara.

“Ada beberapa seperti negeri di atas Awan Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, dan Patung Raksasa di Buntu Burake, Kecamatan Makale, tana Toraja, serta beberapa titik lainnya. Pelepasan dipimpin oleh Kepala Program Studi Sastra Inggris Dr Abdollah MM MPd,” bebernya.

Sementara dosen pengampu mata kuliah, Burhanuddin SS MPd mengungkapkan, praktek lapang ini dilakukan guna memenuhi praktikum pada mata kuliah English For Guide dimana prakteknya biasanya 60% dan teori hanya 40%.

“Tujuannya adalah melihat langsung objek wisata dan mencatat, lalu memberikan presentasi pada akhir perkuliahan dan sebagai bahan Ujian Final. Semuanya itu di presentasikan dalam Bahasa Inggris seolah-olah berbicara sebagai seorang Tour Guide dalam bentuk PPt via Zoom,” jelasnya.

Mata Kuliah English For Guide, kata Asisten III Akademi Bahasa Asing itu, mahasiswa mempelajari banyak hal seperti tour itinerary, paket tour, istilah-istilah pariwisata, komponen-komponen pariwisata, market resources tentang minat, motive pariwisata, etika dalam memandu wisata/tour baik domestik maupun mancanegara.

“Mahasiswa peserta praktek lapang akan mendapatkan sertifikat Pelatihan di bidang Kepemanduan wisata dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Sulawesi Selatan (GIPI Sulsel) bekerja sama dengan Fakultas Sastra UMI,” imbuh Burhanuddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here