Kongres KNPI, Basri Dodo Siap Maju Sebagai Calon Ketua

1
Basri Dodo, S.H.,M.H (Wakil Sekertaris Jenderal DPP KNPI)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Namanya Basri Dodo. Lahir di Maluku Utara, 11 Januari 1981. Menjabat Wakil Sekretaris Jenderal DPP KNPI saat ini. Dia bertekad maju sebagai calon Ketua Umum pada kongres Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang direncanakan digelar pada Desember 2021 mendatang.

Basri Dodo adalah Mantan Sekjend pengurus besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2010-2012. Lulusan strata satu (S1) fakultas Hukum di Universitas 45 Makassar yang kini berubah nama menjadi Universitas Bosowa. Kemudian melanjutkan S2-nya di Jayabaya Jakarta — selesai.

Baca Juga: KNPI Sulbar Akan Gelar Musda Bersama, Dihadiri 3 Ketum DPP Masing-Masing Kubu

Basri Dodo alias Basdo; begitu dia disapa. Menetap di Bogor, Jawa Barat. Berprofesi sebagai wirausaha. “Iya betul maju sebagai Caketum DPP KNPI,” ujarnya saat dikonfirmasi

Basdo terbilang cukup terkenal dikalangan aktivis khususnya organisasi kepemudaan seperti HMI. Dia mengaku telah membangun komunikasi dengan sejumlah OKP dan pengurus DPD KNPI Provinsi untuk meminta dukungan.

Terpisah, Sekertaris DPD KNPI Provinsi Sulbar, Muhammad Abrar, mengatakan mensupport Basri Dodo selama niatnya untuk menyatukan KNPI yang sudah lama terpecah menjadi 3 (tiga) kubuh. Sebelumnya, penyatuan KNPI melalui Kongres Bersama telah diwacanakan oleh masing-masing Ketua DPP KNPI; Noer Fajrieansyah, Mustahuddin dan Raden Andreas Wardhana.

“Merespons positif dan mempersilakan kakanda Basdo untuk mewujudkan keinginannya tersebut selama majunya di Kongres mengusung penyatuan KNPI yang diinisiasi oleh Saudara Noer Fajrieansyah, Mustahuddin dan Raden Andreas Wardhana,” kata Abrar

Sementara, lanjut Basdo, menjelaskan bila terpilih, dirinya menawarkan gagasan konsolidasi nasional KNPI dari tingkat DPP hingga kelurahan. Hal itu ia tawarkan karena melihat hirarki KNPI selama ini kerap berjalan masing-masing dengan gagasannya sendiri.

Dengan itu, Basdo meyakini mampu melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh kepengurusan Noer Fajriensyah dalam memperkokoh kepengurusan.

Selain itu, Basdo juga menawarkan konsep aktivasi kegiatan ekonomi politik KNPI yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Baginya, KNPI memiliki potensi besar untuk menggerakkan ekonomi kepemudaan saat ini yang tentunya kelak akan menunjang aktifitas politik mereka.

Reporter: Ahmad Nur

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here