Viral, Baligho Paslon Habsi-Irwan Diduga Langgar Aturan Kampanye

0
Baligho pasangan calon Habsi - Irwan terpasang di pagar kantor Kelurahan Binanga, kabupaten Mamuju. (Foto: WhatshApp/Ahmad)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Viral, baligho pasangan calon Habsi – Irwan terpasang di area kantor Kelurahan Binanga, Mamuju. Kuasa hukum Tina-Ado melaporkan hal tersebut ke Bawaslu Mamuju karena dianggap melanggar PKPU nomor 11 tahun 2020 pasal 30 ayat 9 tentang atribut kampanye.

Saat dikonfirmasi Kepala kantor kelurahan Binanga, Taufik Akbar, menuturkan tidak mengetahui adanya APK tersebut karena beberapa hari terakhir sedang dinas luar (tidak berkantor). “Kami berharap kalau ada yang mau pasang APK di depan kantor kelurahan, terlebih dahulu minta izin,” kata Akbar, Kamis (29/10/2020), dilansir dari 8enam.com

Dia meminta kepada seluruh paslon Pilkada Mamuju agar tidak menggunakan fasilitas pemerintah dalam memasang atribut kampanye. “Jujur saja, kalau begini modelnya kami yang direpotkan dan dicarikan masalah,” terang Akbar.

Sementara, Abdul Wahab selaku Ketua Tim Hukum Sutinah-Ado’ mengatakan pihaknya sudah melayangkan laporan resmi ke Bawaslu Kabupaten Mamuju. Wahab menjelaskan memasang atribut kampanye di kantor pemerintah itu melanggar.

“Sampai tadi, masih dalam pemeriksaan saksi pemasangan baligho 02 yang ada di Kantor Kelurahan Binanga,” ujar Abdul Wahab, Rabu malam (28/10).

Terpisah, Anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju, Faisal Jumalang, membenarkan adanya laporan dari Kuasa Hukum Tina-Ado’. Berdasarkan regulasi, kata Faizal, dalam berkampanye Paslon tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara atau pemerintah.

Namun dia mengaku belum bisa berkomentar terlalu jauh karena masih mengumpulkan sejumlah bukti dengan meninjau langsung kantor kelurahan Binanga.

“Salah satu bentuk kampanye yaitu alat peraga kampanye. Oleh karena itu nanti kita lihat, ini kan baru laporan masuk, apakah pembahasan nantinya memenuhi unsur tindak pidana atau administrasi,” jelasnya.

Reporter: Ahmad Nur/Muhlis (LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here