Kampanye Habsi – Irwan di Simboro’ Dihentikan Bawaslu

1
Anggota Bawaslu Kabupaten Mamunu, Siti Mustikawati, berkoordinasi dengan sejumlah Tim Pemenangan Paslon Habsi - Irwan di Kelurahan Simboro, senin (26/10). (Foto: Whatshapp)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Bawaslu Kabupaten Mamuju menghentikan kampanye terbatas pasangan calon Habsi – Irwan di Kelurahan Simboro, senin (26/10). Bawaslu menilai kegiatan kampanye petahana melanggar protokol kesehatan terkait pencegahan Covid – 19.

Siti Mustikawati mengatakan sebelumnya sudah menghimbau kepada Paslon agar tetap mematuhi protokol Covid 19 sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020. ” Aturan di PKPU itu kan di ruangan tertutup. Setelah dihimbau mereka tidak menegur (dibaca: indahkan, red) disampaikanlah surat teguran. Surat teguran pun – mereka marah kalau ditegur,” kata Siti Mustikawati, anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju yang memimpin aksi penghentian.

Mustika menjelaskan pihaknya sempat bersitegang saat melakukan koordinasi di dilokasi kampanye sebelum Tim pemenangan pasangan calon menerima surat teguran dari Bawaslu. ” Kalau himbauan di tempat tidak diindahkan maka kita berikan surat teguran. Jika surat teguran juga tidak diindahkan maka kita akan bubarkan,” sambungnya.

Beruntung Bawaslu berhasil melakukan komunikasi persuasif sehingga pihak bawaslu kemudian mempersilahkan untuk melanjutkan kegiatan kampanye Paslon Habsi-Irwan. “Karena kami mengatakan kalau mereka tidak mengindahkan surat teguran, kami meminta tim Satgas gugus tugas untuk membubarkan,” kunci Mustika. (LS)

Reporter: Ahmad Nur

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here