Kartu Sakti Sutinah Bisa Jadi ATM

0
Contoh Kartu Mamuju Keren (Foto.Istimewah)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Siti Sutinah Suhardi launching “Kartu Mamuju Keren” melalui siaran langsung stasiun Manakarra TV, Minggu Malam, 18 Oktober 2020. “Kartu Mamuju Keren adalah kartu layanan yang akan diberikan kepada warga Mamuju utamanya kepada warga masyarakat yang kategori taraf hidup pra sejahtera,” jelas Sutinah.

Sala satu keistimewaan kartu Sutinah adalah dapat dijadikan sebagai kartu ATM. Sutinah mengatakan pemerintah akan bekerjasama dengan pihak perbankan (Bank). “Diperuntukkan bagi pemuda-pemudi Mamuju yang terkendala biaya untuk melanjutkan ke jenjang studi S1, S2 maupun S3,” kata Sutinah.

Baca Juga: Kartu Sakti Sutinah Jika Terpilih

Jika terpilih Sutinah akan mulai melakuan pendataan disetiap desa dan kelurahan, meliputi; data seluruh anggota keluarga, status pendidikan, status pekerjaan, kondisi rumah, kondisi penerangan, layanan sanitasi dan air bersih serta layanan kesehatan dan kondisi ekonomi masyarakat mamuju. Tujuannya agar setiap program pemerintah daerah tidak sala sasaran.

Tina menjelaskan pemerintah kedepan akan memproyeksi seluruh program bantuan pemerintah yang bersumber dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah, seperti; stimulan ekonomi UMKM, pertanian, perikanan dan peternakan. “Data yang ada didalam kartu ini akan menverifikasi kejelasan status penerima sehingga minim kemungkinan salah sasaran ataupun double menerima,” terang putri pertama Suhardi Duka ini.

Selain itu, kartu ini juga berfungsi sebagai fasilitas kesehatan masyarakat (Faskes) secara gratis. “Masyarakat cukup datang ke layanan kesehatan untuk memperoleh layanan secara gratis usai diverifikasi oleh pihak Faskes setempat,” ujar Sutinah.

Berikut Manfaat Kartu Mamuju Keren;

  1. Instrumen pendataan identitas kependudukan terintegrasi dan lengkap

  2. Kartu ATM bagi penerima beasiswa pendidikan maupun stimulan perekonomian

  3. Kartu layanan kesehatan gratis

  4. Kartu identitas perekonomian

Bagaimana cara memperolehnya ?

  1. Desa dan kelurahan akan melakukan pendataan atau pemutakhiran data kepala keluarga dengan instrument yang dibuat: by name by address. Utamanya warga penerima PKH, KIP, Bansos, dll.

  2. Hasil data akan dimasukkan kedalam data base kartu mamuju keren, dan akan didistribusikan kembali ke warga.

  3. Khusus untuk Kartu Mamuju Keren untuk pendidikan akan berisi data base penerima beasiswa sekaligus berfungsi sebagai ATM bekerjasama dengan Bank Pemerintah. Penerima kartu ini berdasarkan seleksi dan kriteria yang akan ditetapkan oleh pemerintah.

Repeoter: Ahmad Nur (LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here