Abaikan Protokol Covid 19, Mamuju Terbanyak Kasus di Sulbar

0
Gambar karikatur - abai terhadap protokol covid 19. (foto.net)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Bertambah 5 kasus covid 19 hari ini di sulawesi barat. Total menjadi 393 kasus terkonfirmasi pada minggu, 30 agustus 2020. Kabupaten Mamuju tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan 149 kasus; dirawat 42 orang, isolasi mandiri 74, sembuh 270 dan meninggal 7 orang.

Menyusul kabupaten Polewali Mandar 128 kasus. Sementara Kabupaten Majene tercatat 53 kasus. Mamuju Tengah 43 kasus. Mamasa 12 kasus dan Pasangkayu 8 kasus.

Anggota gugus tugas covid 19 Sulbar, dr. Muhammad Ihwan mengatakan, hal itu disebabkan karena masyarakat tidak taat terhadap protokol covid 19. Bahkan, menolak untuk diperiksa.

“Sepertinya masyarakat masih belum yakin dengan covid 19. Sehingga lambat isolasi dan makin banyak yang terpapar. Yang kedua masyarakat enggan melakukan protokol kesehatan,” kata dr. Ihwan saat dikonfirmasi, minggu malam (30/8).

dr. Ihwan mencontohkan kasus di desa sumare – terkonfirmasi reaktif namun menolak untuk melakukan pemeriksaan (swab). Ia juga menjelaskan kejadian di kecamatan Tommo yang nyaris bentrok pada sabtu kemarin (29/8). “Gentungan sempat bersitegang antara keluarga,” ungkapnya.

Ihwan berharap kepada gugus tugas di kabupaten agar segera turun lapangan dalam upaya mencegah penularan covid 19 yang semakin bertambah. “Provinsi membeck up dari segi tekhnis dan logistik,” sambungnya.

Saat ditanya soal ruang isolasi di rumah sakit regional sulbar yang sempat dikabarkan sudah penuh? kata Ihwan, “sudah longgar”.

Ihwan menuturkan, untuk pasien tanpa gejala bisa melakukan isolasi mandiri. Kecuali jika rumah pasien dianggap tidak kondusif dan ditakutkan menular ke anggota keluarga maka akan karantina di rumah sakit. (LS)

Reporter: Ahmad Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here