Satu Persatu Tokoh di Kalukku Merapat ke Tina – Ado’

5
Tomakaka Sondoang, Sabang Bakkar (kanan) bersama Suhardi Duka (kiri) di kediamannya, sabtu malam (22/8), Jl. Husni Tamrin, Simpang Lima, Mamuju. (foto: Edi)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Seluruh mesin kekuatan politik pasangan Sutinah – Ado’ sepertinya sudah total bergerak. Dari partai koalisi Mamuju Keren, para simpatisan hingga relawan Tina – Ado mulai menggalang dukungan hingga pelosok desa. Satu persatu sejumlah tokoh mulai merapat ke istri komisaris besar polisi ini – Yugo Bambang Pamungkas, Kapolres Sukoharjo.

Setelah Ketua DPC Nasdem kecamatan Kalukku, Suardi Yusuf – giliran Sabang Bakkar sebagai tokoh masyarakat kalukku bergabung jadi relawan Tina – Ado’. Hal itu ia putuskan setelah bertemu Suhardi Duka (22/8/2020), tadi malam di kediamannya, Jl. Husni Tamrin, simpang lima, Mamuju.

Sabang Bakkar menyatakan dukungan karena merasa bersyukur atas majunya Ado’ Mas’ud mewakili masyarakat Kalukku untuk mendampingi Sutinah Suhardi sebagai bakal calon Bupati Mamuju.

Sabang Bakkar adalah pemangku adat di wilayah adat sondoang, kecamatan kalukku yang disebut Tomakaka. Ia berharap proses Pilkada Mamuju 2020 dapat berjalan aman dan kondusif. ” Tatta’ tau makkeada’,” kata Sabang (22/8), yang jika diartikan “Kita harus tetap menjunjung tinggi nilai budaya dan adat istiadat”.

Sebelumnya, Sabang mendukung pasangan petahana Habsi – Irwan. Ia hadir diacara deklarasi dan apel Akbar relawan Habsi – Irwan, pada senin 24 februari 2020.

Namun, karena alasan Ado’ Mas’ud sebagai perwakilan Kalukku membuatnya membalik arah dukungan. Ia pun meyakini pasangan Tina – Ado akan memenangkan Pilkada Mamuju mendatang. “InsyaAllah kita menang,” ujar sang pemangku adat ini (Tomakaka).

Sabang juga meminta agar masyarakat kalukku menyatukan pilihan dan dukungan untuk kemenangan Tina – Ado. ” Ini kebanggan bagi warga kalukku karena baru kali ini ada generasi yang maju di Pilkada, kita harus berjuang bersama. Ma’mesakia (artinya: ayo bersatu),” tegas ayah 5 anak ini.

Sementara, Suardi Yusuf mundur dari Ketua DPC Nasdem kecamatan kalukku sejak februari 2020 lalu. Resmi berlabuh dan memakai Jas kebesaran partai Demokrat di acara silaturahmi Anggota DPR RI komisi IV, Suhardi Duka (SDK), sabtu, 22 agustus 2020, kemarin di kalukku.

Suardi Yusuf resmi mengenakan jas Demokrat yang dipasangkan langsung oleh Ketua DPW Demokrat Sulbar, Suhardi Duka, sabtu, 22 agustus 2020, di Pure, kelurahan sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. (foto.net)

Suardi sala satu orang yang terbilang berpengaruh dalam memenangkan partai Nasdem pada pileg 2019. Keputusannya berpidah partai karena kecewa saat istrinya, St. Rahma, justru dinonjobkan Pemda Mamuju pasca pemilu dari jabatan Kepala Sekolah SD Negeri Sampoang, Kelurahan Sinyonyoi Selatan, Kecamatan Kalukku. “Saya sama sekali tidak tahu pokok permasalahannya,” pungkas Suardi.

Reporter: Ahmad Nur

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here