Bupati Mamasa ke Desa Kopeang Tappalang

5
Foto Bupati Mamasa, Ramlan Badawi, bersama warga saat berkunjung di Desa Kopeang, Kecamatan Tappalang, Kabupaten Mamuju, sabtu (8/8/2020). (Foto: Alif Hidayat)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Ramlan Badawi berkunjung ke Desa Kopeang, sabtu, 8 agustus 2020. Punggawa kabupaten Mamasa ini kali pertama menginjakkan kakinya di pelosok kecamatan Tappalang, kabupaten Mamuju.

Ia berkunjung tidak seorang diri. Ramlan bersama rombongan; Kadis Pendidikan Kabupaten Mamasa – Syukur Badawi, Kepala Desa Ralleanak Mamasa – Abd. Rahman Tona’, Anggota DPRD Mamasa – Arwin serta Kepala Desa Keang Kabupaten Mamuju – Adi Wijaya.

Kunjungan ini ramai. Diikuti 20 motor trail dari MWR Track berkostum lengkap, dipimpin langsung Munandar Wijaya.

Ramlan berkunjung dalam maksud silaturrahmi dengan warga Desa Kopeang yang kulturnya banyak dihuni masyarakat dari Pitu Ulunna Salu: masih dalam suasana lebaran idul adha,” katanya.

Dari Mamasa, Ramlan berangkat dengan mobil pribadinya. Tapi ia terpaksa naik ojek sejauh 25 KM menuju Desa Kopeang karena kondisi jalan terbilang parah – berlumpur dan tak bisa dilalui roda empat.

“Ya masih suasana Idul Adha, saya dan rombongan keluarga sempatkan waktu untuk berkunjung ke Desa Kopeang,” kata Munandar Wijaya.

Komunitas MWR Track menyebrangi sungai Kopeang menggunakan rakit yang terbuat dari bambu karena tak bisa dilalui kendaraan. (foto: Rahmat)

Kedatangannya disambut gembira oleh Kepala Desa Kopeang, Drs. Rahman, bersama warganya. Menurut warga, ini kali pertama pejabat selevel Bupati berkunjung ke Desanya.

Rahman mengatakan, Desanya perna dikunjungi oleh Anwar Adnan Saleh semasa menjabat sebagai Gubernur Sulbar tapi menggunakan helikopter.

Munandar Wijaya dan Komunitas MWR Track beristirahat di Jembatan Kuning, Mamuju. (foto: Alif Hidayat)

Setibanya di kopeang, Ramlan langsung dijamu dengan ikan kolam peliharaan warga. Bisa dibayangkan keseruan warga saat makan ikan bersama Bupati dan rombongannya.

Membangun tenda, menginap satu malam dan berqurban 1 (satu) ekor sapi untuk masyarakat desa kopeang.

Kopeang dan Bela’ adalah Desa tetangga. Perbatasan antara Desa Baruru, Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa. Dihuni 1.217 jiwa atau 231 kepala keluarga. Ketinggiananya mencapai hingga 700 – 1000 M diatas permukaan laut (BPS).

Bupati Mamasa, Ramlan Badawi, membangun tenda bersama warga Desa Kopeang. (foto: Alif Hidayat)

Pantauan redaksi, akses jalan desa kopeang memang sangat parah. Menurut keterangan warga, orang sakit harus ditandu keluar daerah untuk mendapatkan perawatan medis.

Kepala Desa Kopeang, Rahman, menjelaskan perbaikan jalan menuju desa Kopeang hingga kini masih dalam proses pembangunan: “Sudah bagus sampai di ulu Taang (perbatasan Kopeang dan Desa Taang, red),” jelasnya

Mungkin faktor inilaah yang membuat para pejabat berpikir 2 kali untuk datang di perbatasan Mamasa – Mamuju itu. Tapi tidak untuk Bupati Mamasa 2 periode ini.

Kendati harus naik ojek kurang lebih 5 jam dari jalan poros Tappalang. Menyebrangi beberapa sungai. Melintasi gunung bebatuan, licin dan terjal tak mengurungkan niat Ramlan untuk sampai ke Desa Kopeang.

Ramlan memang dikenal dengan sosoknya yang sederhana. Bukan hanya gaya dan penampilannya. Berjalan kaki dan berbaur dengan warga pelosok desa sudah biasa baginya. Bahasanya yang mudah dimengerti serta lugas dan tegas dalam bersikap membuat banyak orang senang membangun komunikasi dengannya. Tak suka neko neko adalah prinsipnya.

Rahman mengungkapkan saat berdiskusi dengan Bupati Mamasa. Ia berharap suatu saat jalan Desa Kopeang dapat diusulkan menjadi jalan strategis provinsi. Menghubungkan antara kabupaten Mamuju dan kabupaten Mamasa yang jaraknya sekira 5 KM.

Keseruan Bupati Mamasa, Ramlan Badawi, menagkap ikan kolam bersama warga Desa Kopeang. (Foto: Alif Hidayat)

Ramlan dan rombongan MWR Track kembali ke Mamasa setelah makan pagi bersama masyarakat Kopeang pada, minggu 9 Agustus 2020. Warga yang merasa senang sempatkan berphoto bersama dan mengabadikan momen kunjungan Bupati Mamasa itu sebagai kenangan. (LS)

Reporter: Alif Hidayat

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here