Berkat Tim Gugus di Perbatasan, Kasus Perdana Mamasa Dipastikan Tak Sempat Menyebar

5
Bupati Kabupaten Mamasa - Ramlan Badawi (kanan) bersama Kepala Kesbangpol Kabupaten Mamasa - Ernesto Randan. (Foto: whatshaApp)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Kasus positif Covid 19 di Sulawesi Barat (Sulbar) makin bertambah – kini tembus 104 warga Sulbar yang dinyatakan positif terpapar virus corona.

Update data pantauan Kasus Covid 19 Sulawesi Barat, 18 Juni 2020, pukul 16.00, yang diunggah melalui laman facebook resmi Dinas Kesehatan Sulbar tercatat penambahan 5 kasus baru.

4 (empat) kasus dari Kabupaten Mamuju. Sementara 1 (satu) pasien dari Kabupaten Mamasa merupakan kasus perdana.

Foto: Dinkes Sulbar

Beruntung karena pasien, MU (39), pria asal Takalar yang ber-KTP Mamasa ini terdeteksi lebih dini oleh gugus tugas Kabupaten Mamasa saat melintas di perbatasan Mamasa – Polewali sepulangnya dari Makasaar Sulawesi Selatan pada, 15 Juni 2020.

Bupati Mamasa – Ramlan Badawi mengucapkan terima kasih atas kesigapan Tim Reaksi Cepat Dinas Kesehatan Mamasa dan Tim Terpadu Gugus Kabupaten Mamasa sehingga pasien 01 Mamasa ini dapat secepatnya dideteksi dan tidak sempat melakukan kontak dengan orang lain.

Tim Terpadu Gugus Tugas Kabupaten Mamasa adalah tim gabungan TNI, Polri, Satuan Pol – PP, Dinas Perhubungan Mamasa, BPBD Mamasa, Bela Negara Kesbangpol Mamasa, Kantor Kecamatan Messawa dan Petugas Puskesmas Messawa yang ditugaskan melakukan pengawasan setiap pergerakan masyarakat keluar masuk wilayah Mamasa khususnya di perbatasan.

Ramlan Badawi menghimbau masyarakat Mamasa agar tidak panik karena pasien telah ditangani oleh medis dan telah diisolasi berdasarkan protokol kesehatan.

Kepala Badan Kesbangpol Mamasa – Ernesto Randan juga menyampaikan agar masyarakat kabupaten mamasa tetap menciptakan situasi yang aman dan kondusif karena pemerintah telah melakukan langkah langkah maksimal dalam menjaga masyarakat agar terhindar dari virus corona.

“Keberhasilan Tim Terpadu Gugus di perbatasan dalam memutus mata rantai penularan covid19 dari pasien 01 adalah bukti kesungguhan dan totalitas pemerintah dalam menangani pandemi covid19,” kata Ernesto Randan, dalam pres releasenya, kamis, 18 Juni 2020.

Terpisah, Wakil Bupati Mamasa – Martinus Tiranda berharap pasien 01 segera sembuh sehingga kabupaten mamasa kembali zona hijau agar masyarakat dapat kembali beraktivitas dalam protokol Normal Berbatas. (LS)

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here