Sulbar Kembangkan Kepulauan Bala’-Bala’kang

0
Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, memimpin rapat pemantapan agenda Kunjungan Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, senin (1/6/2020), di rumah jabatan Sekda Prov. Sulbar. (Foto: Humas Prov. Sulbar/Ahmad Nur)

LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan berupaya mendorong pengembangan Kepulauan Bala-balakang secara optimal.

Hal tersebut dibahas dalam rapat pemantapan agenda Kunjungan Kerja (Kunker) Pemprov Sulbar bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, Forkopimda dan instansi vertikal, ke Kepulauan Bala-bakakang Kabupaten Mamuju pada Sabtu (6/6/2020) mendatang.

Rapat yang berlangsung pada Senin (1/6/2020) malam di rumah jabatan Sekprov Sulbar tersebut, merupakan pertemuan lanjutan dari rapat pemantapan sebelumnya, yang berlangsung di ruang Auditorium Kantor Gubenur Sulbar, Senin siang.

Salah satu prospek pengembangan gugusan Kepulauan Bala-balakang yang akan dikembangkan kedepan adalah mengenai Sumber Daya Manusia (SDM) bagi nelayan di kepulauan terluar di Ibu Kota Provinsi ke 33 ini, sehingga memberikan daya hidup ekonomi yang lebih baik.

“Masyarakat di kepulauan tersebut, nantinya akan diberi edukasi melalui bimbingan, agar para nelayan yang ada di sana menjadi terdidik dalam melakukan usaha perikanan dan tidak lagi berpendapatan kecil,” ucap Sekprov Sulbar Muhammad Idris dalam pertemuan tersebut.

Disamping itu, lanjut Idris, nantinya juga akan membangun Mess Pemda sebagai sarana bagi pejabat daerah, agar lebih mudah melakukan pemantauan kepada masyarakat di kepulauan itu.

“Dengan adanya Mess, nantinya pemerintah lebih mudah lagi memberikan bantuan pelayanan dalam pengembangan SDM,” kata Idris.

Dia menyatakan, adanya pengembangan di Kepulauan Bala-balakang diharapkan ekonomi masyarakat di sana dapat meningkat lebih cepat.

Kepala Desa Bala-balakang, Mahmud Idris, menyatakan, pengembangan SDM di kepulauan itu memang sangat dibutuhkan, sebab sangat tertinggal dalam hal perikanan.

Untuk itu, Mahmud mengucapakan sangat ucapan terima kasih kepada Pemprov Sulbar atas adanya perhatian lebih terhadap Bala-balakang.

Turut hadir dalam rapat, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, Camat Bala-balakang Juara, serta undangan lainnya. (LS/ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here