Sulbar Belum Serahkan Rencana Kebutuhan Belanja Dana Covid 19, Hatta: Jangan Main-Main

0
Anggota Badan Anggaran DPR Sulbar - Muh. Hatta Kainang. (Foto: Hatta/Ahmad Nur - whatshaApp).
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Wakil Ketua Pansus Pengawasan anggaran Covid-19 Sulbar – Hatta Kainang, mepertanyakan Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) hasil refocusing anggaran penanganan Virus Corona yang belum diserahkan pemerintah provinsi Sulawesi Barat ke DPR.
Hatta menjelaskan dana hasil refocusing anggaran Covid-19 Sulbar sebanyak Rp.175 miliar, tersebar di 6 Dinas (OPD): Rumah Sakit Regional Sulbar, BNBP Sulbar, Dinas Kesehatan Sulbar, Dinas Sosial Sulbar, Dinas Tenaga Kerja Sulbar dan Dinas Koperindag.
Hingga saat ini hanya Dinas Koperindag Sulbar yang tercatat sudah menyerahkan RKB-nya ke Pansus pengawasan refocusing.
“Kita sudah secara standar meminta melalui komunikasi staf DPRD Sulbar sampai surat pimpinan DPRD Sulbar tapi RKB tidak diserahkan,” kata Hatta Kainang, kamis, 14 Mei 2020.
Hatta meminta OPD yang belum menyerahkan Rencana Kegiatan Belanja untuk penanganan Covid 19 agar lebih serius dan transfaran.
“Jangan karna DPRD Sulbar tidak punya ruang di dalam proses membahas anggaran Covid-19, OPD dimaksud seolah olah tidak melihat lembaga DPRD sulbar, jangan main-main,” sambung legislator partai Nasdem ini.
Hal yang perlu diperhatikan, kata Hatta, Permendagri nomor 20 tahun 2020 dan Surat Keputusan Bersama (AKB) Menteri dan DPRD tentang percepatan penanganan Corona Virus Desease 2019 itu menyebutkan bersama sama mengawasi proses recofusing anggaran (red).
“Jadi kami minta 5 OPD ini taat, dan ini menjadi catatan rekomendasi Pansus. Kami bisa subyektif menilai ada apa apa ketika OPD dimaksud tidak transparan,” pungkasnya. (LS)
Editor: Muhammad Naim Samad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here