Sistem Pengawasan Terintegrasi Adalah Kunci Mamasa Nol Kasus Covid-19 di Indonesia

5
foto.net
LENSASULAWESI.ID, MAMASA – Kabupaten Mamasa sampai hari ini masih nol kasus Covid-19. Padahal sudah 62 kasus yang terkonfirmasi di Sulawesi Barat: Kabupaten Mamuju Tengah 34 kasus, Mamuju 4 kasus, Majene 2 kasus, Polewali Mandar 17 kasus dan Mamuju Utara 5 kasus.
Mamasa itu wilayah bersuhu dingin, sekitar 1.300 diatas permukaan laut. Terdiri dari 17 kecamatan dan 123 desa/kelurahan. Dengan jumlah penduduk sebanyak 125.088 orang: laki-laki 62.132 orang dan perempuan 62.956 orang, berdasarkan data 2018.
Apakah masyarakatnya disiplin atau pemerintah daerahnya yang terbilang tanggap menanggulangi penyebaran virus ini ? : Tentu peran keduanya sangat dibutuhkan dalam memutus penularan covid-19 di indonesia.
Sistem pengawasan teritegrasi dari kota hingga ke desa yang diterapkan Forkopimda Kabupaten Mamasa terbukti ampuh mencegah penularan virus corona: Semoga bertahan hingga covid-19 berlalu.
Sesuai pantauan redaksi, setiap kecamatan dibentuk posko dan dijaga ketat oleh gabungan petugas dari Pemda Mamasa. Tiap Desa/Kelurahan dilengkapi tempat isolasi mandiri bagi warga yang baru dari luar daerah.
Tidak muda bagi orang diluar warga Mamasa untuk memasuki daerah ini: Pemeriksaan ketat dilakukan dengan disiplin kepada setiap pengguna jalan, bahkan tak jarang bagi siapapun yang menolak untuk diperiksa dilarang untuk melintas di wilayah Mamasa.
“Sistem pengawasan yang terintegrasi dari Kabupaten hingga Desa oleh Forkopimda serta kepatuhan masyarakat kepada Pemerintah yang membuat Mamasa sampai hari ini zero dari Covid-19,” kata Labora Tandipuang – Kepala BPBD Kabupaten Mamasa, senin, 11 Mei 2020.
Ditemui diruang kerjanya, Bupati Mamasa – Ramlan Badawi, menjelaskan apapun akan ia lakukan demi kesehatan dan keselamatan rakyatnya: “Karena yang utama adalah keselamatan rakyat Mamasa,” tegasnya.
Ada tiga perbatasan yang dijaga ketat di Mamasa dengan fasilitas cukup lengkap: Perbatasan Mamasa – Toraja, Mamasa – Mamuju dan Mamasa – Polman. (LS)
Reporter: Amiruddin

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here