Kasus Baru Covid-19 Mamasa Adalah Warga Sulsel, Status Zona Merah Potensi Dicabut

0
Foto: Dinkes Sulbar
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Anggota Gugus Tugas Covid-19 Sulbar – dr. Muhammad Ihwan mengatakan pasien Covid 19, SYD (33 Tahun) yang masuk daftar kasus baru Covid-19 di kabupaten Mamasa adalah warga kota pare-pare, Sulawesi Selatan.
Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Sulbar mengumumkan 6 (enam) penambahan kasus baru, selasa, 12 Mei 2020: Kabupaten Mamuju 3 kasus, Majene 2 kasus dan satu kasus perdana dari Kabupaten Mamasa.
Dari 6 kasus baru di sulawesi barat, terkonfirmasi kasus covid-19 menjadi 68 orang.

BACA JUGA

Muhammad Ihwan menjelaskan, pasien SYD merupakan seorang abdi negara (profesi SYD diminta tidak disebutkan). Ia ditetapkan sebagai pasien Covid-19 setelah 8 (delapan) hari bertugas di Kabupaten Mamasa.
“Iye, memang orang Pare cuman tugas di mamasa. Baru 8 hari di sana langsung dirujuk kembali ke Pare,” kata dr. Ihwan.
SYD diisolasi mandiri sejak 2 (dua) hari bertugas di Mamasa. Namun dimasukkan kedalam data kabupaten Mamasa berdasarkan pengiriman swab pasien: saat ini dirawat di Rumah Sakit Sumantri Pare-Pare, Sulawesi Selatan.
SYD sempat melakukan interaksi dengan beberapa orang setibanya di Mamasa. Namun sudah dilakukan tes RDT dan hasilnya negatif.
“Malamnya masih gabung. Sudah di tes RDT semua dan masih negatif, nanti diulang lagi,” ujar dr. Ihwan.
Ihwan menambahkan pihaknya sementara melakukan komunikasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Selatan terkait pemindahan data pasien ke Sulawesi Selatan. Artinya, status zona merah kabupaten Mamasa berpotensi dicabut.
“Iye, sama dulu kasus Mamuju, mereka pindahkn ke Sulbar karena KTP mamuju,” pungkas dr. Muhammad Ihwan.
Berikut data 68 kasus Covid-19 di Sulbar hingga Selasa 12 Mei 2020:
4 orang dari Kabupaten Majene: 1 orang dinyatakan sembuh, 1 dirawat di RSUD Regional Sulbar dan 2 orang rencananya dikarantina di RSUD Regional Sulbar.
7 orang dari Kabupaten Mamuju: 2 sembuh, 2 diisolasi di ruang karantina RSUD Regional Sulbar dan 3 orang rencananya dirujuk ke RSUD Regional Sulbar.
5 orang dari Kabupaten Pasangkayu: 4 orang dirawat di RSUD Pasangkayu dan 1 sembuh.
34 orang dari Kabupaten Mamuju Tengah: 7 Orang dirawat di RS Regional Sular, 2 orang dirawat di RSUD Mamuju Tengah, 22 orang dirawat di gedung Karantina PKM Salugatta, 2 sembuh dan 1 meninggal.
17 orang dari Kabupaten Polman: Terkonfirmasi 13 orang dirawat di RSUD Kabupaten Polman, 1 sembuh, 2 isolasi mandiri dan 1 meninggal.
1 orang dari Kabupaten Mamasa: Saat ini dirawat di Rumah Sakit Sumantri Pare-Pare, Sulawesi Selatan. (LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here