Anstisipasi Corona Berlangsung Lama, Bupati Mamasa Intruksikan Warganya Menanam Pangan

0
Bupati Mamasa - Ramlan Badawi memberikan pengarahan kepada jajaran Forkopimda Mamasa terkait penanganan dampak ekonomi akibat pandemi Virus Corona, senin, 20 April 2020. (Foto: Humas/Kominfo Mamasa)
LENSASULAWESI.ID, MAMASA – Bupati Mamasa – Ramlan Badawi mengintruksikan kepada warganya agar tetap menanam. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak pelemahan ekonomi jika pandemi virus corona berlangsung lama.
“Saya berharap masyarakat Mamasa mau bertpartisipasi dengan menanam tanaman pangan di kebun, di lahan kosong, dan di halaman rumah,” kata Ramlan.
Pernyataan Bupati Mamasa itu tertuang dalam surat Instruksi Bupati Mamasa, senin 20/04/2020, Nomor: 590/186/set/IV/2020.

BACA JUGA

Dilansir dari CNBC Indonesia, dampak virus corona (Covid-19) membuat ekonomi global mengalami tekanan serius. Bahkan IMF menyebutkan, dampak virus corona bisa menyebabkan terjadinya krisis sosial dan sejumlah lembaga keuangan dunia memprediksi akan terjadi kontraksi ekonomi global pada 2020.
Menteri Keuangan RI – Sri Mulyani Idrawati, mengungkapkan hal tersebut adalah ramalan yang agak mengerikan.
“Dan kita semua harus bersiap-siap menghadapinya,” kata Sri Mulyani, melalui video conference pada jumat (17/4/2020), dilansir dari CNBC Indonesia.
Ramlan Badawi mengatakan bagi masyarakat yang memiliki kelebihan lahan agar dibagi kepada warga lainnya.
Hal ini penting, kata Ramlan, untuk mempertahankan bahan pangan jika kemungkinan terjadi paceklik apabila pandemi Virus Corona berlangsung lama.
“Saya berharap bagi para pemilik lahan yang luas agar mau meminjamkan tanahnya sebagian digarap oleh orang yang mau menanam tanaman pangan tapi tidak memiliki lahan, jika pemiliknya tidak menggarapnya,” ujar Ramlan.
Tanaman pangan yang dimaksud adalah padi, jagung, ubi kayu, keladi, kacang tana, kacang hijau, kedelai, sayur-sayuran dan tanaman obat-obatan.
Ramlan menekankan kepada para penyuluh pertanian di tingkat desa dan kelurahan untuk mendampingi masyarakat dalam bercocok tanan agar hasil pertanian dapat maksimal.
Pemilik jargon “Berbuat Untuk Semua Golongan” memerintahkan kepada seluruh Kapala Kantor Kecamatan agar melapaorkan kegiatan warganya kepada Pemda Mamasa.
Ramlan juga menghimbau masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 sesuai anjuran WHO.
“Kita prioritaskan kesehatan tetapi harus terus berproduksi dari rumah,” tegas Ramlan Badawi. (LS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here