Tes Wawancara Calon PPK Direkam, Begini Penjelasan KPU

0
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Sebanyak 109 orang calon PPK hasil tes tertulis mengikuti tahap seleksi wawancara selama tiga hari, 9 Februari sampai 11 Februari 2020.
Peserta secara bergantian berhadapan langsung dengan lima Komisioner KPU Mamuju yang memimpin tes wawancara dan direkam dan bentuk audio visual yang telah disiapkan KPU.
Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, tes wawancara itu direkam dengan tujuan untuk kembali mereview hasil tes wawancara dari para calon PPK.
“Selain itu, proses perekaman ini dibuat dalam rangka ketika ada peserta yang komplain terhadap hasil yang kami tetapkan,” kata Hamdan Dangkang, di hari terakhir pelaksanaan tes wawancara.
Hamdan mengatakan, hasil tes wawancara tersebut bukan satu-satunya indikator penilaian dalam menentukan lima PPK untuk tiap kecamatan.
Nantinya, kata Hamdan, akan diakumulasi nilai dari para peserta. Mulai dari tes tertulis, pengalaman sebagai penyelenggara serta hal-hal yang bersifat administratif lainnya.
“Insya Allah kami pleno antara tanggal 13 atau 14 Februari 2020.” Pungkas Hamdan.
Merujuk ke time line seleksi calon anggota PPK Pilkada Mamuju, pengumuman hasil seleksi calon anggota PPK Pilkada Mamuju tahun 2020 baru akan dilakukan di rentang waktu antara 15 sampai 21 Februari 2020.
Menjawab tudingan yang dilayangkan sejumlah masayarakat terkait Proses seleksi calon anggota PPK Pilkada Mamuju yang dianggap tidak transfaran dan melanggar aturan.
Sala seorang peserta asal Kecamatan Papalang – Tanriala, justru membantah tudingan tersebut. Menurutnya, proses seleksi yang ia lalui diakui telah sesuai aturan.
“Kalau menurut saya, sudah sesuai dengan aturan. Mulai dari pelaksanaan tes tertulis, sampai dengan proses pemeriksaan hasil tes tertulisnya. Semua dilakukan secara terbuka, Bawaslu memantau. Bahkan kami peserta diundang untuk melihat langsung proses pemeriksaan hasil tes tertulisnya,” kata Tanriala, dikutip dari website kpu.mamuju.go.id
Saat ditemui usai menjalani tes wawancara, Tanriala bahkan menyatakan apresisasi terhadap pelaksanaan tes wawancara yang baru saja ia lalui.
Ia bahkan mengaku, tes wawancara dilakukan secara adil dan setara. “KPU Mamuju sama sekali tidak membeda-bedakan antara calon anggota PPK berstatus incumbent, dengan pendatang baru,” sambungnya.
“Bawaslu, aparat kepolisian hingga media diberi ruang untuk melihat langsung pelaksanaan tes wawancaranya. Saya kira sudah sesuai prosedur,” kunci Tanriala. (*)
Sumber : kpu.mamuju.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here