STIE Mamuju Lepas 429 Mahasiswa KKN Tahun 2020

4
Posko KKN STIE Muhammadiyah Mamuju, angkatan ke XX tahun 2020, Desa Bonda, Kecamatan Papalang. (Foto : Abd. Wahab)
LENSASULAWESI.ID, MAMUJUSekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Mamuju menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk yang KeXX tahun 2020. Rombongan Mahasiswa KKN STIE diberangkatkan pada selasa 21 Januari 2020, di Jl. Usman Jafar, Kampus II STIE, Mamuju.
Ketua panitia pelaksana KKN STIE-MM – Muksin mengatakan, program KKN tahun ini dipusatkan di kabupaten mamuju yang dimulai pada 21 Januari 2020 sampai 29 Februari 2020. Sebanyak 429 Mahasiswa dibagi menjadi 42 Pos Komando (Posko) yang ditempatkan di setiap desa dari 6 (enam) Kecamatan.
Kecamatan Kalukku sebanyak 8 (delapan) Posko Desa dan Kelurahan – Kecamatan Papalang, Sampaga dan Tappalang masing-masing 7 (tujuh) Posko Desa. Sementara Kecamatan Tommo piling banyak 10 (sepuluh) Posko Desa dan Kecamatan Tappalang Barat hanya 3 (tiga) Posko Desa.
“Tahun ini di kabupaten Mamuju.” Singkat Muksin.
Setiap Posko dikelompokkan menjadi 10 hingga 15 orang, dipimpin oleh satu Mahasiswa disebut sebagai Koordinator Desa (Kordes) yang bertanggung jawab di Posko masing-masing.
Seperti pada umumnya, Mahasiswa akan melakukan seminar di Posko masing-masing yang telah ditetapkan oleh panitia. Membahas sejumlah persoalan hasil observasi mahasiswa untuk diseminarkan menjadi program kerja. Seminar ini dikenal dengan istilah Seminar Desa.
Masing – masing Desa nantinya akan mempersentasekan setiap programnya di tingkat kecamatan yang telah dibentuk oleh panitia. Setiap Posko Kecamatan juga dipimpin oleh satu orang Mahasiswa sebagai Koordinator Kecamatan (Korcam). Seminar ditingkat kecamatan ini disebut sebagai Seminar Kecamatan.
Sala satu Mahasiswa KKN STIE Desa Bonda, Kecamatan Papalang – Abd. Wahab menjelaskan, sebelum menggelar seminar di tingkat desa. Mahasiswa akan melakukan observasi di lapangan untuk mengetahui kondisi masyarakat desa, kemudian disusun menjadi program kerja mahasiswa.

Smart Property

“Bukan hanya dengan masyarakat kita melakukan observasi tetapi dengan aparat pemerintah desa pun kita lakukan koordinasi supaya program kerja yang direncanakan selama KKN dapat bermanfaat untuk masyarakat desa bonda.” Terang Wahab kepada redaksi, kamis (23/1).
Wahab mengatakan sala satu rencana program kerja yang akan ia laksanakan bersama 10 orang temannya adalah sosialisasi terkait Pilkada Mamuju 2020. Untuk itu pihaknya berencana mengajukan kerja sama dengan KPU kabupaten Mamuju.
Abd Wahab (tengah) berkoordinasi dengan Devisi Humas KPU kabupaten Mamuju, kamis 23 Januari 2020. (Foto: LS)
Program kerja tersebut ia rencanakan untuk memberikan pendidikan politik yang baik dan sehat kepada masyarakat. Sala satunya adalah menolak pemberian uang atau money politik yang menjadi penyakit demokrasi setiap pemilu.
“Sala satu program KKN menyangkut pelaksaan Pilkada serentak 2020.” Pungkasnya.
(LS/monas)

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here