Ali Bal Minta Bupati se-Sulbar Mendukung Festival Maradika Mamuju

0
Gubernur Sulbar, Ali Bal Masdar (tengah), menyambut kunjungan panitia Festival Maradika Mamuju di ruang kerjanya. (shompak)
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Gubernur Sulawesi Barat, Ali Bal Masdar, meminta kepada kepala daerah se-Sulawesi Barat untuk mendukung kegiatan “Festival Maradika Mamuju” yang akan digelar pemerintah kabupaten Mamuju pada 16 – 19 Desember 2019 mendatang.
Ali Bal mengatakan akan melayangkan surat resmi kepada para bupati di 5 Kabupaten untuk mendukung kegiatan festival kraton ini.
“Kita bersyukur karena apa yang telah direncanakan oleh Pemkab Mamuju dan pemuka adat di sini utamanya Pak Andi Maksum Dai itu bisa terwujud mengadakan pertemuan Raja-Raja Nusantara yang dilaksanakan di kota Mamuju, tentu perlu dukungan dari Pemprov, termasuk dukungan dari Bupati-Bupati, ada lima kabupaten kalau bisa harus mendukung,” kata Ali.
Hal itu ia ungkapkan saat menerima kunjungan Ketua Panitia Festival Maradika Mamuju, Irwan Satya Putra Pababari, rabu 23 Oktober 2019, di ruang kerjanya.

Baca Juga

Panitia kegiatan Festival Maradika Mamuju rencananya akan menghadirkan 150 kerajaan Se-Nusantara dari 33 Provinsi di Indonesia.
Menurut Ali, panitia jangan hanya menghadirkan pemangku adat atau raja-raja dari seriap daerah tapi juga menampilkan pagelaran kegiatan lain seperti seni dan festival kuliner.
“Tapi bagaimana Pemkab juga itu hadir dengan prestasi-prestasi lokal, misalnya ada kuliner, seni tari, atau seni suara dalam tiga hari pelaksanaan kegiatan itu,” sambungnya.
Meski kegiatan ini tidak dianggarkan melalui APBD perubahan Provinsi Sulbar, Ali Bal Masdar berjanji akan membantu segala kebutuhan panitia sesuai dengan kemampuan daerah.
“Memang ada masalah sedikit utamanya tentang pembiayaan, karena ini diajukan setelah perubahan APBD. Tapi itu bukan halangan untuk berbuat sesuatu, masih banyak jalan,” lanjut Ali.
Yang terpenting, kata Ali Bal, “kegiatan ini bisa terlaksana, berjalan dengan baik dan mulus.” (LS/Shompak).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here