Pemprov Sulbar Resmikan Budidaya Anggrek, Menamba Keindahan Wisata Tondok Bakaru

8
Foto (Leo/MdB); Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Angraeni Anwar, saat pengguntingan pita peresmian budidaya tanaman anggrek wisata Desa Tondok Bakaru.
LENSASULAWESI.ID, MAMASA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat meresmikan budidaya tanaman anggrek sebagai sala satu objek wisata desa tondok bakaru, jumat 27 september 2019, di Desa Tondok Bakaru, Kabupaten Mamasa.
Peresmian anggrek ini merupakan tindak lanjut setelah Desa Tondok Bakaru dicestuskan sebagai Desa wisata di Mamasa yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur Sulbar, Enny Angraeni Anwar, dan peninjauan spesies anggrek yang sudah ditangkar oleh sejumlah komunitas.
Anwar Adnan Saleh juga hadir dalam peresmian ini, ia hadir mendampingi sang istri, Enny Angraeni Anwar, yang merupakan Wakil Gubernur Sulbar.
Enny mengatakan, pengembangan desa wisata tentu perlu didukung oleh semua elemen masyarakat termasuk melibatkan tokoh masyarakat, pemerintah dan juga komunitas-komunitas yang ada di daerah.
“Yang saya tahu, pengembangan desa wisata Tondok Bakaru dilakukan sendiri atas spontanitas masyarakatnya itu berarti masyarakat sudah menginginkan sehingga perlu mendapat dukungan.” kata Enny.
Ia berpesan agar rumah-rumah adat yang berada disekitar objek terus dijaga kelestariannya karena itu akan menjadi daya tarik tersendiri dan juga bisa menjadi tempat penginapan.
Untuk pengembangan wisata, Pemda Mamasa mengusulkan agar infrastruktur jalan menuju objek wisata Tondok Bakaru ini bisa segera terbangun.
Pemerintah Mamasa juga berencana akan membangun kerja sama dengan pemerintah Sulawesi Selatan dan Pemda Toraja untuk melaksanakan kegiatan Lovely December yang pembiayaannya dari Kementerian.
“Festival anggrek bisa digelar di Mamasa atau Offroad mengambil rute start di Mamasa dan finish Toraja atau sebaliknya supaya wisatawan yang ke Toraja dapat juga masuk ke Mamasa.” terang Ardiansyah, Sekertaris Daerah Kabupaten Mamasa.
Peresmian ini juga dihadiri Kadis Pariwisata Sulawesi Barat bersama sejumlah rombongan pejabat Pemprov Sulawesi Barat.
Sementara dari Pemerintah Kabupaten Mamasa, hadir antara lain, Ketua DPRD, Orsan Soleman, Sekda Mamasa, Ardiansyah, Asisten Lonny dan Dorkas Pampang, Kadis Pariwisata, Agustina Toding, Kadis Pertanian, Ir. Mambu, Kadis Perindag, Yahyadin, Kaban Kesbangpol, Magdalena serta pejabat dan undangan lainnya seperti pimpinan BRI Cabang Mamasa. (LS/Leo/MdB).

8 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Find More on on that Topic: lensasulawesi.id/2019/09/27/pemprov-sulbar-resmikan-budidaya-anggrek-menamba-keindahan-wisata-tondok-bakaru/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Here you can find 767 more Information to that Topic: lensasulawesi.id/2019/09/27/pemprov-sulbar-resmikan-budidaya-anggrek-menamba-keindahan-wisata-tondok-bakaru/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: lensasulawesi.id/2019/09/27/pemprov-sulbar-resmikan-budidaya-anggrek-menamba-keindahan-wisata-tondok-bakaru/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here