Dugaan Kasus Korupsi Anggaran Media Pemilu 2019, KPU Diharapkan Kooperatif

22
Foto (Adi); Akp. Syamsuriansyah, Kasat Reskrim Polres Mamuju.
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Sat Reskrim Polres Mamuju mengharapkan pihak KPU Sulbar agar kooperatif dalam memberikan keterangan tentang dugaan kasus korupsi anggaran media pada pemilu legislatif 2019 lalu.
“Kita berharap teman-teman di KPU bisa koperatif dan memberikan keterangan sepengetahuannya tentang kegiatan tersebut, dan paling inti membawa dokumen yang kami sudah minta,” kata Syamsuriansyah, Kasat Reskrim Polres Metro Mamuju saat dikonfirmasi, rabu 18 september 2019.
Penyidik telah mengirimkan undangan kepada KPU untuk dimintai keterangan dan meminta dokumen terkait kasus dugaan korupsi anggaran media di KPU Sulawesi Barat.
Saat ini, penyidik Polres Mamuju telah mengantongi sejumlah keterangan dari pihak terkait seperti pemilik media cetak, media online dan Radio.
Sat Reskrim Polres Mamuju juga sudah mengumpulkan sejumlah dokumen pelaksana kegiatan dalam kasus ini yang akan dicocokkan dengan dokumen yang dimiliki oleh KPU nantinya.
“Kemarin saya sudah menandatangani undangan klarifikasi terhadap KPU Sulawesi Barat, agar kiranya bisa hadir dengan membawa beberapa dokumen – dokumen yang kami sudah minta, dalam hal ini dokumen yang ada kaitannya dengan kegiatan tersebut,” terang Syamsuriansyah.
Pihaknya berharap bisa mendapatkan petunjuk dari sejumlah media yang telah dimintai keterangan agar dapat menjadi alat bukti yang sah sesuai dalam Pasal 184 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (”KUHAP”).
“supaya kedepannya kita bisa melakukan proses gelar perkara terlebih dahulu, apakah keterangan tersebut dapat memenuhi unsur pidana yang disangkakan,” harap Suriansyah.
Dalam menentukan unsur perbuatan melawan hukum serta menghitung kerugian negara, Suriansyah mengatakan, akan menggandeng BPK atau BPKP untuk melakukan audit investigasi.
Namun Sat Reskrim Polres Mamuju akan melakukan gelar perkara terlebih dulu. Untuk menaikkan status ke penyidikan, kata Suriansyah, “tergantung dari temuan kami dilapangan.”
Selain itu, Kasat Reskrim Polres Mamuju juga menegaskan komitmennya dalam menuntaskan kasus ini.
“Kami tidak main-main dalam proses penegakan hukum dalam tindak pidana korupsi, dimana jika nantinya kami mendapatkan perbuatan melawan hukumnya atau adanya kerugian negara yang ditimbulkan dengan kegiatan tersebut, nanti hasil gelar perkara yang akan menentukan,” ujar Suriansyah.
Yang jelas, kata Suriansyah, “kami akan berupaya membuktikan, apakah ini ada pelanggaran terhadap permasalahan tersebut.” (LS/AL).

22 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: lensasulawesi.id/2019/09/18/dugaan-kasus-korupsi-anggaran-media-pemilu-2019-kpu-diharapkan-kooperatif/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: lensasulawesi.id/2019/09/18/dugaan-kasus-korupsi-anggaran-media-pemilu-2019-kpu-diharapkan-kooperatif/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here