DPR dan Kejari Mamasa Tinjau Lokasi Proyek Jalan Orobua Yang Dinilai Bermasalah

0
Foto (Leo/MdB); Anggota DPR Kabupaten Mamasa bersama Kejaksaan Negeri Mamasa, Inspektorat dan Dinas PU Kabupaten Mamasa Meninjau Lokasi Proyek Peningkatan Jalan Desa Orubua Yang Disoal Oleh Masyarakat.
LENSASULAWESI.ID, MAMASAProyek Peningkatan Jalan Mamasa, Desa Orobua Timur kecamatan Sesenapadang (Sespa) yang menelan anggaran hingga Rp. 5.815.594.100 miliar bermasalah.
Proyek ini terungkap setelah mahasiswa dan pemuda Sesenapadang, Senin kemarin (2/9), melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPR Kabupaten Mamasa.
Menyikapi hal itu, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamasa bersama Kejaksaan Negeri Mamasa, Inspektorat dan Dinas PU Kabupaten Mamasa melakukan peninjaun dan pengecekan lokasi proyek itu pada hari rabu, 3 september 2019.
Kejaksaan Negeri Mamasa meminta pihak perusahaan agar mengerjakan proyek tersebut sesuai perencanaan yang tercantum di dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).
“Kita sudah minta kontaktornya supaya dikerjakan dengan baik sesuai dengan RAB dan juga agar memperhatikan aspirasi masyarakat,” kata Erianto, saat meninjau lokasi pekerjaan tersebut.
Program Pembangunan jalan betonisasi dan talud, Dinas PUPR Kabupaten Mamasa itu dianggarkan lewat DAK tahun 2019 dan dikerjakan oleh Perseroan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (CV) Balla Perkasa.
Proyek tersebut diduga dikerjakan asal-asalan oleh pihak kontraktor.
“Kita sudah melihat langsung dan selanjutnya kita menunggu laporan terinci dari aliansi masyarakat Sespa untuk ditindaklanjuti dengan memanggil rekanan dan akan disandingkan dengan penjelasan tehnis PU. Selanjutnya DPRD akan mengeluarkan rekomendasi,” kata Orsan Soleman, ketua DPR Kabupaten Mamasa saat meninjau lokasi pekerjaan itu.
Sementara pihak perusahaan atau kontaktor, Daniel mengaku, ada 1 (satu) sampai 2 % (dua) kerusakan dari proyek ini dan akan melakukan perbaikan.
Peninjauan lokasi proyek tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR Kabupaten Mamasa, Suhadi Kandoa, H. Musa, Abraham, Adrianus, Adam Dualangi, Joni Daud, Jufri Sambo Ma’dika, Muh. Sapri, Pelipus Pali’pangan dan Reskianto Taula’bi Kia bersama Kasi Intelijen Kejaksaan Mamasa, Andi Dharman Koro, Kasi Perdata dan TUN Kejaksaan Negeri Mamasa, M. Zaki Mubarak serta Kapala Dinas PUPR, Menton. (LS/Leo/MdB).
Foto (Leo/MdB); Anggota DPR Kabupaten Mamasa, Muh. Sapri Malik Saat Meninjau Lokasi Proyek.
Foto (Leo/MdB); Kondisi Proyek Peningkatan Jalan Desa Orubua Yang Disoal Oleh Masyarakat Sesenapadang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here