Operasi Patuh Serentak Dimulai Hari Ini, 8 Jenis Pengendara Jadi Target

15
Foto (Humas Polda); Apel gelar pasukan di lapangan Mapolda Sulbar.
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Empat Belas (14) hari kedepan, Kepolisian di seluruh tanah air akan menggelar operasi patuh serentak 2019, dengan sasaran pengendara roda empat dan roda dua yang tidak taat tehadap aturan lalu lintas.
Operasi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).
Khusus kepolisian daerah sulawesi barat, operasinya menggunakan sandi Patuh Siamasei 2019. Operasi ini dimulai dengan pelaksanaan apel gelar pasukan dengan tema “meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcar lantas” di lapangan Mapolda Sulbar, Jl. Aiptu Nurman Kalubibing Mamuju.
Apel gelar pasukan Operasi Patuh Siamasei ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol.Baharudin Djafar, dan dihadiri oleh para pejabat utama serta Instansi terkait seperti TNI, Dishub dan Satpol PP.
Dalam sambutannya, Baharuddin Djafar mengatakan, sebelumnya telah dilaksanakan operasi Keselamatan Siamasei-2019 pada bulan Mei 2019 lalu, selama 14 (empat belas) hari, melalui kegiatan pre-emtif dan preventif 60% dan penegakkan hukum 40% terhadap pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan berlalu lintas.
” Pada operasi patuh Siamasei 2019 yang akan digelar mulai hari ini sampai 14 (empat belas) hari kedepan, diharapkan adanya penurunan penindakan terhadap pengendara baik roda 2 (dua) maupun roda 4 (empat).” kata Kapolda Sulbar ini.
Selain itu, pihaknya juga berharap kepada masyarakat agar memperhatikan kelengkapan pribadi dan kelengkapan kendaraan atau kelayakan operasional kendaraan yang akan digunakan.
“Kepada personil yang terlibat dalam operasi Patuh Siamasei-2019, khususnya personil lalu lintas, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, kedepankan mata hati, hindari tindakan yang kontra produktif yang dapat merugikan diri pribadi maupun institusi Polri, laksanakan kegiatan yang populis yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polri pada umum-nya dan polda sulbar pada khususnya.” ujar Baharuddin Djafar.
Terpisah, Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Hj. Mashura mengatakan, pelaksanaan operasi kewilayahan Patuh Siamasei 2019 menetapkan 8 (Delapan) prioritas penindakan yaitu :
  1. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar.
  2. Pengemudi R4 yang tidak menggunakan Safety Belt.
  3. Pengemudi R4 yang melebihi batas maksimal kecepatan.
  4. Pengemudi Ranmor yang melawan arus.
  5. Pengemudi yang mabuk pada saat mengemudikan kendaraan bermotor.
  6. Pengendara motor yang masih dibawah umur.
  7. Menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan bermotor.
  8. Kendaraan motor yang menggunakan lampu Strobo/Rotator/Serine.
“Ayo wujudkan kesadaran berkendara demi keselamatan bersama, stop pelanggaran, stop kecelakaan keselamatan untuk kemanusian, Ingat jangan Lupa bawa Surat-Suratta, pakai helm, lengkapi kendaraanta itu baru pengendara yang keren.” terang Hj. Mashura. (LS/shompak).

15 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 64832 more Info to that Topic: lensasulawesi.id/2019/08/29/operasi-patuh-serentak-dimulai-hari-ini-8-jenis-pengendara-jadi-target/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here