Ayo Ke Mamasa ! Pemerintah Resmikan Tondok Bakaru Sebagai Desa Wisata

23
Foto (Leo/Mdb); Pemandangan Wisata Desa Tondok Bakaru.
LENSASULAWESI.ID, MAMASA – Pemerintah kabupaten mamasa meresmikan Desa Tondok Bakaru sebagai desa sadar wisata. Peresmian ini, senin (26/8), ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, di kantor Desa Tondok Bakaru, Kecamatan Mamasa.
Foto (Leo/MdB); Pengunjung Difasilitasi Dengan Tempat Memasang Tenda Tempat Istirahat Saat menikmati keindahan Wisata Desa Tondok Bakaru.
Desa Tondok Bakaru yang disulap menjadi desa wisata atau desa sadar wisata ini merupakan hasil karya tangan-tangan kreatif warga desa Tondok Bakaru di era Matheus Daniel Dessaratu, sebagai kepala desa.
Foto (Leo/MdB); Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, Meninjau Wisata Anggrek Desa Tondok Bakaru.
Pemerintah kabupaten Mamasa berjanji akan terus mensupport anggaran demi kemajuan desa tondok bakaru sebagai desa sadar wisata agar lebih menarik kunjungan para wisatawan.
Foto (Leo/MdB); Jembatan Kenangan, Sala satu Objek Wisata Desa Tondok Bakaru.
“Daya tarik tersebut harus didukung oleh unsur lainnya yaitu aksesibilitas, fasilitas serta unsur lingkungan dan masyarakat yang hospitality. Bagaimana akses menuju objek-objek itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan dinikmati oleh pengunjung. Aksebilitas bisa berupa jalan setapak, jalur hiking atau jalur transportasi kuda dan lainnya yang benefitnya dirasakan oleh masyarakat sekitar.” Kata Marthinus.
Setelah peresmian, Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, meninjau objek-objek wisata berupa spot selfie dan penangkaran 400 species tanam anggrek yang merupakan ikon wisata Desa Tondok Bakaru yang tersebar di 12 titik.
Foto (Leo/MdB); Pengunjung Dapat Menikmati Keindahan wisata dengan 400 Jenis Species Tanaman Anggrek. Ditambah Panorama Alam Gunung Mambuliling Tampak Dari Belakang Wisata Anggrek, Semakin Menambah Keindahan Desa Tondok Bakaru.
Selain Pengkarangan anggrek, Wisata Desa Tondok Bakaru ini juga menyediakan sejumlah fasilitas untuk menarik para pengunjung. Hamparan persawahan dan sejumlah objek budaya seperti musik serta tari tarian juga disedikan untuk kalian para calon pengunjung.
Peresmian desa Tondok Bakaru sebagai desa sadar wisata ini juga dihadiri oleh Kadis Pariwisata Mamasa, Agustina Toding, Kadis Pertanian Mamasa, Ir. Mambu, Camat Mamasa, Kades Tondok Bakaru, Matheus Daniel Dessaratu dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Deppasau’ Rombe.
Foto (Leo/MdB); Peresmian Desa Tondok Bakaru sebagai Desa Wisata atau Desa Sadar Wisata di Kabupaten Mamasa, Prov. Sulbar.
Selain itu, peresmian ini juga disaksikan Pimpinan Bank BRI Cabang dan Unit Mamasa, sejumlah tokoh adat, tokoh Masyarakat, pendamping desa serta menghadirkan para pelaku usaha wisata Desa Tondok Bakaru. (LS*Leo/MdB).
Foto (Leo/MdB); Spot Selfie.
Foto (Leo/MdB); Sala Satu Jenis Anggrek Lokal Kabupaten Mamasa Yang Disediakan di Desa Tondok Bakaru.

23 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Here you can find 73889 additional Info to that Topic: lensasulawesi.id/2019/08/27/ayo-ke-mamasa-pemerintah-resmikan-tondok-bakaru-sebagai-desa-wisata/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here