Total, Kepala Desa Ralleanak Bangun Jalan di Semua Dusunnya

23
Foto; Kepala Desa Ralleanak, Abd. Rahman Tona', Saat Meninjau Pembangunan Jalan Rabat Beton di Semua Dusun, Desa Ralleanak.
LENSASULAWESI.ID, MAMASA – Pemerintah Desa Ralleanak, Kabupaten Mamasa, menganggarkan pembangunan infrastruktur secara total di semua jalan dusun, desa ralleanak. Tak tanggung-tanggung, Kapala Desa Ralleanak, Abd. Rahman Tona’, gelontorkan hampir seluruh dana desanya (DDS) senilai Rp. 745.182.000.00 untuk pembangunan rabat beton, talud dan drainase.
Abd. Rahman Tona’ ini merupakan ayah dari Arwin, calon angggota DPR terpilih kabupaten mamasa dari partai Nasdem pada pemilu 2019 kemarin.
Abd. Rahman menjabat sebagai kepala desa Ralleanak sejak tahun 2010/2016 dan kemudian kembali terpilih pada pilkades 2017 dengan pesentase kemenangan sebesar 83%, periode 2017/2023.
Kepada kru LS, Abd. Rahman mengatakan, untuk periode keduanya, mulai dari tahun 2018 hingga 2019, pemerintah desa Ralleanak fokus pada peningkatan infrastruktur jalan di semua dusun dan pembangunan drainase. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah desa dalam menghadirkan pembangunan fasilitas publik secara menyeluruh kepada masyarakat desa Ralleanak.
Meski proses pencairan dana desa ralleanak masih kisaran 60 %, namun pihaknya mengaku sudah merampungkan sejumlah program pembangunannya hingga mencapai 90%.
“Bendahara desa tepaksa pinjam bahan bangunan dari toko (red), kemudian rencana juga tahun ini, pembangunan posyandu secara parmanen,” terang Rahman.
Foto; Pembanguna Jalan Rabat Beton dan Drainase Desa Ralleanak (Aar).
Abd. Rahman, kelahiran 1973 ini merupakan anak dari sala seorang tokoh sejarah di Pitu Ulunna Salu (PUS), yang akrab disapa, Puak Tona’. Istrinya bernama Andi Mustikanur, dan dikaruniai tiga orang anak. Satu diantaranya, Muh. Andi Arwan, juga berhasil lolos pada seleksi bintara Polda Sulbar tahun 2019 kemarin.
Abd. Rahman menargetkan pembangunan infrastruktur yang sementara berjalan, nantinya dapat dilalui roda empat demi kemajuan desa ralleanak.
” untuk peningkatan inspraktur jalan, supaya semua lorong di desa ralleanak bisa masuk mobil. Jadi anak-anak atau keluarga saat pulang kampung bisah langsung turun dari mobil pas di depan rumahnya,” kata Abd. Rahman,
Lebih jauh, kepala desa dua periode ini mengungkapkan, sejak dirinya terpilih pada tahun 2010 lalu, desanya pernah mewakili kabupaten mamasa untuk ikut lomba antara desa & kelurahan se-provinsi sulawesi barat.
“berhasil menjadi juara ke 2 setelah desa olangan kab. majene. Saya kala dari pessimis kantor desa, karna belum sempat bangun kantor karna baru terpilih saat itu, alhamdulillah 2015 saya sudah bangun kantor langsung permanen,” tutup Abd. Rahman. (LS/AAR).

23 KOMENTAR

  1. … [Trackback]

    […] Here you will find 11058 additional Information on that Topic: lensasulawesi.id/2019/08/04/total-kepala-desa-ralleanak-bangun-jalan-di-semua-dusunnya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: lensasulawesi.id/2019/08/04/total-kepala-desa-ralleanak-bangun-jalan-di-semua-dusunnya/ […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here