Rakornas Kemendesa Dorong Revitalisasi Ekonomi Kawasan Transmigrasi

12
Foto; Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Saat Mebuka acara Rakornas Tranmigrasi Kementerian desa, Pembangunan daerah tertinggal, dan Transmigrasi.
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi) menggelar Rapat Koordinasi Transmigrasi 2019, berlangsung sejak kamis 31 juli s/d 2 agustus 2019. Rakornas bertema ‘Revitalisasi Pembangunan Ekonomi Kawasan Transmigrasi 4.0’ ini dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Hotel Sultan, Jakarta.
Rakornas Transmigrasi ini merupakan rapat strategis yang dihadiri pemangku kebijakan penyelenggaraan transmigrasi mulai dari pusat, daerah, akademisi, hingga kalangan swasta.
Untuk pejabat Provinsi Sulawesi Barat yang hadir adalah; Wakil Gubernur, Enny Angraeni, Kepala Dinas Transmigrasi, Herdin Ismail, Bupati Mamasa, Ramlan Badawi, Wakil Bupati Polman, M. Natsir Rahmat, Wakil Bupati Majene, Lukman, serta kepala dinas transmigrasi kabupaten se prov. Sulbar.
“Akan Mensejahterakan Warga Transmigrasi Penempatan Asal (Pendatang) & Lebih Meningkatkan Kesejahteraan Warga Transmigrasi Penempatan Setempat (Didatangi) yang akan memacu Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Tujuan,” ucap Herdin Ismail, Kapala dinas Transmigrasi sulawesi barat.
Peserta Rakornas Tranmigrasi Kementerian desa, Pembangunan daerah tertinggal, dan Transmigrasi Asal Sulawesi Barat.
Kebijakan transmigrasi kedepannya diharapkan, harus berpusat pada program pemerintah, namun tetap mengedepankan kerja sama bisnis dengan pihak swasta guna mempercepat pengembangan kawasan transmigrasi.
Ditempat yang sama, Menteri desa PDT dan transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, transmigrasi telah memindahkan 2 juta keluarga dan 8 juta penduduk yang dipindahkan dari pulau Jawa yang padat ke daerah lain di Indonesia yang kurang penduduknya sejak diberlakukan tahun 1950-an.
“Transmigrasi juga telah mampu menciptakan dua ibu kota provinsi, 104 kabupaten baru, 335 kecamatan dan 1.336 desa definitif di luar Jawa,” kata Eko, dikutip dari Tribunnews.
Rakornas ini juga dihadiri Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (LS/shompak).

12 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here