Siswa SMA 1 Sampaga Demo, Minta Kepala Sekolah Diganti

3
Foto; Siswa SMA 1 Sampaga bersama alumninya, saat aksi di halaman sekokahnya.
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Puluhan Siswa SMA 1 Sampaga, kabupaten mamuju, bersama alumninya berunjuk rasa di halaman sekolahnya, rabu (31/7), menuntut agar kepala sekolah SMA 1 Sampaga, Sudirman, segera diganti. Aksi ini juga untuk menindaklanjuti surat permohonan pergantian kepala sekolah oleh dewan guru dan Komite sekolah SMA 1 Sampaga yang dilayangkan sejak tanggal 1 juli, kepada gubernur sulawesi barat namun belum mendapat respon dari pihak pemerintah.
Siswa ini berunjuk rasa saat pengawas yang diutus oleh dinas pendidikan sulawesi barat, Muh. Tale, melakukan kunjungan untuk menyikapi polemik di SMA 1 Sampaga. Aksi ini dilakukan juga atas dasar persetujuan pihak komite sekolah SMA 1 Sampaga bersama Dewan Guru.
Koordinator lapangan, Rahmat, saat membacakan tuntutan yang dimuat dalam lampiran surat permohonan dewan guru dan komite sekolah tembusan gubernur sulawesi barat, setidaknya ada 8 poin yang menjadi alasan siswa, dewan guru dan komite sekolah dalam mengusulkan pergantian kepala sekolah SMA 1 Sampaga.
  1. Kepala sekolah SMA 1 sampaga dianggap tidak transfaran dalam pengelolaan anggaran.
  2. Tidak adanya senergi dalam berbagai kegiatan sekolah.
  3. Rasa ketidakadilan yang dirasakan oleh dewan guru.
  4. Adanya pemecatan beberapa guru kontra tanpa alasan yang jelas.
  5. Jumlah penerimaan siswa baru setiap tahunnya menurun, hingga tahun ini tidak mencapai 50 % dari tahun sebelumnya.
  6. Banyaknya siswa/siswi yang pindah sekolah karena merasa tidak nyaman.
  7. Banyaknya keluhan orang tua siswa dan memilih menyekolahkan/memidahkan anaknya ke sekolah luar sampaga (pangale/papalang).
  8. Menurunnya akreditasi sekolah, dari akreditasi B turun menjadi akreditasi C.
Foto; Surat permohonan peegantian kepala sekolah SMA 1 Sampaga yang dilayangkan oleh dewan guru dan komite sekolah SMA 1 Sampaga, sejak 1 juli 2019.
8 poin yang menjadi alasan mereka mengusulkan pergantian kepala sekolah, dibacakan oleh Rahmat, alumni SMA 1 Sampaga di depan utusan Dinas Pendidikan Sulbar, Muh. Tale. (LS/Ahmad).

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here