IJS Siap “Seret” KPU Mateng ke DKPP, Suryadi : Kami Siapkan Data.

1
Keterangan Photo : Ketua IJS Sulbar Irham Asis Dan Ketua KPU Mateng Suryadi Rahmat
LENSASULAWESI.ID, MAMUJU – Ketua Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJS) Irham Asis akan menggiring Komisioner Komisi Pemilihan Umum Mamuju Tengah (KPU-Mateng) Ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran terstruktur sistematis dan masif yang diduga dilakukan oleh KPU Mamuju Tengah.
Kepada media Lensasulawesi.id, ketua Ikatan Jurnalis Sulbar, Irham Azis mengatakan bahwa dirinya telah memiliki sejumlah bukti terkait dugaan pelanggaran terstruktur sistematis dan masif yang diduga dilakukan oleh komisioner KPU Mateng.
“Datanya sementara kami olah dan kaji. Tapi yang jelas untuk bukti permulaan sudah ada ditangan kami. Dalam waktu dekat kami akan menyurat ke DKPP”, Ucap Irham, senin (1/07/2019).
Lebih lanjut dikatakan bahwa dugaan pelanggaran yang dilakulan KPU Mateng, diantaranya tidak menghapus data ganda namun membuat data tersebut berubah, utamanya melakukan perubahan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan perubahan nama yang sama.
“Kami juga menemukan dugaan adanya hak suara yang dihilangkan disalah satu TPS, dan itu perbuatan pidana. Apalagi, diduga melibatkan komisioner KPU,” kata Irham.
Selain itu Irham mengungkapkan pula bahwa pelanggaran lain yang dilakukan yakni pengangkatan petugas PPS pengganti tanpa melalui prosedur, sehingga ditengarai merugikan PPS yang telah mendapat SK pengangkatan sebelumnya.
“Yang Jelas kami akan kawal kasus ini sampai ke DKPP. Dalam minggu ini juga, kami akan bersurat, karena ini pidana,” tegas Irham.
Ditempat berbeda, Ketua KPU Mateng Suryadi Rahmat menjelaskan bahwa tahapan penetapan data dilakukan faktualisasi dilapangan.
“Setiap tahapan penetapan data itu di lakukan faktualisasi dilapangan, selain itu sebelum data ditetapkan, dilakukan pencermatan data yang diturunkan ke tingkat bawah untuk dilakukan faktualisasi bersama antara KPU dan Bawaslu karena rekomendasi data ganda itu dikawal oleh Bawaslu. Terkait data ganda kemarin dilakukan faktualisasi dan di TMSkan,” tulis Ketua KPU Mateng Melalui pesan WhatsAapnya.
Suryadi menambahkan bahwa menurut sepengetahuan KPU Mateng, tidak ada Anggota PPS yang diangkat dan diberhentikan tanpa melalui prosedur. Selain itu menanggapi rencana laporan jajaran IJS Sulbar ke DKPP, Pihak KPU Mateng siapkan data yang dituduhkan.
“Setahu kami tidak ada PPS yang diangkat dan diberhentikan tidak melalui prosedur. Kami akan persiapkan data yang dituduhkan karena kami menganggap semua dilaksanakan sesuai tahapan,” kata Suryadi. (red/shompak).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here