100 Petani Jagung di Mamuju Lakukan Penandatanganan Perjanjian KUR

0
0 views

MAMUJU, DIKITA.id – Penandatangan akad perdana secara massal Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor pertanian komoditi jagung untuk 100 petani tahap awal resmi dilaksanakan, Jumat (13/8/21).

Foto : 100 Petani Jagung di Mamuju Lakukan Penandatanganan Perjanjian KUR.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya pada 4 april 2021 dilakukan nota kesepahaman deklarasi dukungan bersama realisasi KUR sektor pertanian dalam rangka peningkatan produktivitas, rantai pasok dan ketahanan pangan Kabupaten Mamuju, dalam program agro inovasi super tani Indonesia sebagai wujud dari implementasi Petani Keren maju mandiri dan modern.

Kegiatan ini menargetkan pengembangan lahan seluas 10.000 ha, telah dilakukan juga tanam perdana oleh Bupati Mamuju bersama seluruh stekholder.

Penandatangan akad perdana secara massal Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor pertanian komoditi jagung ini bertempat di Aula Kantor Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju sekaligus penyerahan Buku Tabungan Petani dan Simbolis penyerahan Sarana Produksi Pertanian.

Turut hadir pada kesempatan ini, Camat Papalang, Sutrisno Koordinator BPP PPL Kec Papalang selaku Komandan Kostratani Kec. Papalang, Hj. Mutmainnah Kepala KUR PT. Bank Sulselbar KCU Mamuju, Fasilitator Program Abd Wahab, Dandim 1418 Mamuju Sektor Kalukku, Direktur PT. Amory Multi Quality, Direktur PT. Super Tani Indonesia, Manager PT. Karya Agung Prawirta sebagai anak perusahaan dari PT. Jafpa Commfeed Indonesia serta Agen Asuransi PT. Jasindo, serta 100 Petani.

“Harapannya ini menjadi pilot project di Mamuju sehingga bisa menjadi wujud kemandirian para petani,” ungkap Hj. Mutmainnah Kepala KUR dalam sambutannya.

Sementara itu, Koordinator Fasilitator menyampaikan bahwa program ini adalah upaya mendekatkan pelayanan ke petani sebagai  implementasi Petani KEREN yang ada di kabupaten Mamuju, dimana Pihak BPD Sulselbar cabang Mamuju datang ke petani, perusahaan mitra untuk suplayer Saprodi mengantarkan lansung ke petani serta kepastian pembelian hasil produksi dengan harga kompotetif, begitu pula dengan asuransi petani baik jaminan hidup serta gagal panen tersedia dalam program ini.

Selain itu, dalam program ini akan lahir Petani terbaik indikatornya tertinggi produksinya, kategori kelompok Tani Teladan, kategori PPL Teladan dimana akan di berikan berupa penghargaan dari Bupati Mamuju sebagai Komandan Kostrada Kabupaten Mamuju, Tambahan Modal kerja dari Bank, Serta bonus CSR dari perusahaan Mitra.

Ia juga memberikan pesan untuk sebaiknya mensupport program pemerintah sebab ini adalah upaya peningkatan kesejahteraan para petani sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional di sektor pertanian sekaligus membuka acara secara resmi acara pada hari ini.

whb/rfa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here